Breaking News

Senin, 05 Desember 2016

Hardware

Pengertian Hardware

Hardware (perangkat keras) adalah komponen komputer yang dapat disentuh atau diraba secara langsung oleh manusia, dengan kata lain memiliki wujud/bentuk secara fisik.

Hardware sendiri memiliki beragam fungsi yang mendukung sistem komputer agar berjalan sesuai dengan semestinya. 

Kemampuan lain dari hardware sering disebut dengan instruction set, yang berarti sebuah perangkat keras dapat bekerja berdasarkan perintah yang telah ditentukan oleh pengguna. Karena hardware mengerti bahasa perintah tersebut, maka hardware dapat melakukan berbagai kegiatan/aktivitas sesuai dengan apa yang telah diperintahkan penggunanya.

Perintah-perintah tersebut tentu tidak berjalan begitu saja, ada yang mengontrol dan memoderator sebuah komputer agar bekerja sesuai mekanisme yang ada. Adapun yang menjadi otak dari sebuah komputer yaitu CPU (Central Proccessing Unit) atau sering juga dikenal dengan Proccessor. 

CPU ini menjadi pusat pengolahan data, pengontrol kerja komputer, dan memegang peranan yang sangat penting dalam sistem komputer. Tanpa adanya CPU (proccessor), komputer tidak akan bekerja, jadi kinerja komputer tergantung dari CPU tersebut.

Untuk bekerja secara optimal, CPU juga membutuhkan alat. Alat tersebut berupa alat masukkan dan alat keluaran, di mana alat masukkan untuk memberi perintah dan alat keluaran  untuk memunculkan hasil pemrosesan suatu intruksi. Hasil keluaran biasanya berupa informasi atau data yang dapat juga disimpan melalui media penyimpanan.

Contoh Hardware 

Adapun contoh dari hardware yaitu :

Alat masukkan (input device), yaitu perangkat komputer yang berfungsi untuk memasukkan suatu perintah dan data yang akan diproses oleh program atau komputer. Contoh dari input device yaitu : keyboard, mouse, joystick, scanner, taouchpad, touchscreen, dan sebagainya.

Alat pemrosesan, yaitu perangkat komputer untuk melakukan proses sebuah inputan/masukkan dari pengguna melalui alat input. Contohnya adalah processor atau CPU pada sebuah komputer.

Alat keluaran (output device), yaitu perangkat yang digunakan untuk memunculkan hasil keluaran atau menyampaikan suatu informasi kepada penggunanya. Contohnya : monitor, plotter, speaker, printer, proyektor, dan sebagainya.

Media penyimpanan data (storage device), yaitu media untuk menyimpan suatu data secara tetap, contohnya yaitu : harddisk, Flashdisk, CD, DVD, floppy disk dan sebagainya.

Perangkat tambahan (peripheral), yaitu perangkat tambahan komponen komputer atau perangkat yang sebelumnya belum ada di dalam komputer. Contohnya yaitu : Modem, TV tunner card dan capture card.


Sumber Asli : http://www.siswamaster.com/2016/01/pengertian-hardware-software-dan-brainware-beserta-contoh.html#ixzz4Ryr5QNRP

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

BACA!!!

JIKA ANDA INGIN MENG-COPY ARTIKEL DI BLOG INI JANGAN LUPA CANTUMKAN SUMBERNYA YAITU BLOG INI ATAU SUMBER YANG LAIN!!
Designed By