Breaking News

Senin, 05 Desember 2016

HUBUNGAN ANTARA HARDWARE, SOFTWARE DAN BRAINWARE


Sudah sedikit disinggung di atas, hardware, software dan brainware itu saling berkaitan. Saling bekerjasama dan saling membutuhkan. 

Ketiga komponen ini tidak bisa dipisahkan untuk menghasilkan mekanisme kerja yang optimal. Karena itulah, ada istilah yang mengartikan ini sebagai konsep tri tunggal. Tiga untuk satu.

Hardware (perangkat keras) tanpa dipadukan dengan software, maka komputer hanyalah sebuah benda/mesin yang tidak berguna bahkan tidak bisa diapa-apakan. Oleh karena itu, dibuatlah suatu software (perangkat lunak) untuk menjadikan komputer lebih berguna sehingga dapat digunakan oleh pengguna. Perpaduan antara hardware dan software ini kemudian menghasilkan komputer yang memiliki ragam fungsi yang siap digunakan.

Hardware dan software bergabung, namun masih ada yang kurang. Apa itu ? Ya, benar sekali. Seseorang untuk mengoperasikannya (brainware). Jika tidak ada brainware, maka komputer itu diibaratkan hanyalah robot yang diam. Mesin yang memiliki fungsi namun masih dalam keadaan mati. 

Jadi, intinya brainware juga memiliki peranan yang sama pentingnya dengan hardware dan software. Ketiga komponen ini jika dipadukan maka akan menghasilkan komputer yang memiliki fungsionalitas kerja sehingga dapat bermanfaat bagi penggunanya.

Untuk tahap pertama, seseorang harus membeli hardware komputer. Setelah itu memasukkan program yang dibutuhkan ke dalam komputer. Setelah program dimasukkan ke dalam komputer, maka komputer baru dapat bekerja untuk membantu dan mempermudah pekerjaan manusia.


Kesimpulan....

Baik itu hardware, software maupun brainware memiliki peranan dan tugasnya masing-masing. Ketiga komponen itu tidak bisa berjalan sendiri-sendiri, melainkan harus bekerjasama untuk menghasilkan komputer yang dapat digunakan sebagaimana mestinya. 

Nah, demikianlah penjelasan mengenai Pengertian Hardware, Software dan Brainware beserta Contohnya. Semoga bermanfaat untuk kita semua....


Sumber Asli : http://www.siswamaster.com/2016/01/pengertian-hardware-software-dan-brainware-beserta-contoh.html#ixzz4Rysxnlof

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

BACA!!!

JIKA ANDA INGIN MENG-COPY ARTIKEL DI BLOG INI JANGAN LUPA CANTUMKAN SUMBERNYA YAITU BLOG INI ATAU SUMBER YANG LAIN!!
Designed By